Kejari Jambi
Berita Utama Kejaksaan Agung Kejari Jambi Kejati Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Video Conference Dalam Rangka “Pengarahan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum”

Senin, 22 Februari 2021, pukul 08.00 WIB, bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Jambi, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jambi FAJAR RUDI MANURUNG,S.H.,M.H beserta para Jajaran pada Kejaksaan Negeri Jambi mengikuti Video Conference (Vicon) dalam rangka Pengarahan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dipimpin oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM PIDUM) Dr. FADIL ZUMHANA, S.H., M.H dan diikuti Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri dan Cabang Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia.

Dalam arahannya, JAM PIDUM menyampaikan bahwa “Sebagai penyangga utama dalam penegakan hukum, jajaran Bidang Tindak Pidana Umum memerlukan kearifan, kecerdasan, dan komitmen aparaturnya dalam mengawal, menjaga, dan menentukan tercapai atau tidaknya tujuan penegakan hukum”.

Terlebih dengan diberlakukannya Peraturan Kejaksaan RI Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif, maka JAM PIDUM senantiasa mengingatkan kepada para Jaksa untuk profesional, proporsional, sungguh-sungguh, serta menghindari penyimpangan dalam penerapannya. Jadikan ini sebagai kesempatan untuk membuktikan kepada publik, bahwa Kejaksaan dekat dengan rasa keadilan yang hidup di dalam masyarakat.

Oleh Karena itu, para pimpinan Kejaksaan di harapkan memberi perintah kepada seluruh jajarannya tentang Lima hal yang perlu diperhatikan dalam mengaplikasikan Perja Nomor 15 Tahun 2020 dalam pelaksanaan tugas penuntutan yaitu :

  1. Kepentingan Korban Dan Kepentingan Hukum Lain Yang Dilindungi
  2. Kepatutan, kesusilaan, dan ketertiban umum.
  3. Penghindaran Pembalasan
  4. Penghindaran Stigma Negatif
  5. Respon dan keharmonisan masyarakat

Related posts

Jaksa Agung Lantik Kajati dan Pejabat Eselon II

Kejari Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2020

Kejari Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Melaksanakan Kunjungan ke Kantor Walikota Jambi Dalam Rangka Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional Yang Bersinergi Bersama Pemerintah Kota Jambi

Kejari Jambi