Kejari Jambi
Berita Utama Kejaksaan Agung Kejari Jambi Kejati Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Rapat Kerja Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020

Senin, 14 Desember 2020 pukul 08.00 Wib, bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Jambi, Kepala Kejaksaan Negeri Jambi RAHMAN DWI SAPUTRA, S.H beserta Kasubbagbin dan para Kasi pada Kejaksaan Negeri Jambi mengikuti Rapat Kerja Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020 secara virtual melalui Video Conference dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Rapat kerja  ini dibuka secara resmi oleh Presiden R.I Ir. JOKO WIDODO dan Jaksa Agung R.I Dr. ST. BURHANUDDIN  diikuti oleh Wakil Jaksa Agung R.I Setia Untung Arimuladi, SH. MHum, para Jaksa Agung Muda (JAM), Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan, Staf Ahli , para Pejabat Eselon II Kejaksaan Agung RI,  Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia, serta Jaksa yang dikaryakan dan menduduki jabatan eselon I dan eselon II di instansi lain

Kejaksaan RI dalam rangka Rapat Kerja Nasional Tahun 2020 mengambil tema yakni “Komitmen Kejaksaan Menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional” yang akan diselenggarakan selama 3 (Tiga) hari. Untuk mewujudkan tema tersebut, Kejaksaan berkomitmen meningkatkan kinerja sesuai sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam rencana strategis Kejaksaan RI tahun 2020-2024.

“Kejaksaan RI juga tetap berpedoman pada visi dan misi Presiden R.I Joko Widodo yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Berkualitas, peningkatan sistem hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat, dan terpercaya; perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga; serta pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya” ujar Jaksa Agung.

Joko Widodo (Presiden R.I) mengatakan bahwa Kejaksaan memiliki peran yang penting. Mulai dari penegakan hukum sampai mengawal pembangunan nasional “Kejaksaan adalah institusi terdepan dalam penegakan hukum, dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, dan tentu saja dalam mengawal kesuksesan pembangunan nasional,”

“Kiprah Kejaksaan adalah wajah pemerintah. Selain itu juga wajah kepastian hukum Indonesia di mata rakyat dan di mata internasional, tanpa Kejaksaan yang bersih dan dipercaya, satu fondasi penting pembangunan nasional juga akan rapuh,” ungkapnya.

Ia juga menekankan bahwa Kejaksaan harus bersih dan ia juga meminta adanya pembenahan internal Kejaksaan dari hulu sampai hilir. “Kejaksaan harus dapat menjadi role model penegak hukum yang profesional dan berintegritas” pungkasnya.

 Adapun pembahasan dalam rapat tersebut yaitu  mengenai program kerja prioritas untuk mengawal dan mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan pemerintah.

Program PEN merupakan salah satu upaya untuk memulihkan pembangunan pasca pandemi Covid-19. PEN dibuat agar nantinya negara siap menghadapi ancaman yang bisa membahayakan stabilitas keuangan.

Pelaksanaan Rapat Kerja ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas selama Tahun 2020 guna mengetahui keberhasilan dan hambatannya, sebagai bahan penyusunan rekomendasi Rapat Kerja untuk pelaksanaan kebijakan serta rencana dan program kerja  Kejaksaan R.I Tahun 2021.

Related posts

Kesehatan Pulih dan Ekonomi Bangkit, Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kota Jambi Tahap Pertama

Kejari Jambi

DPO 03 2021 Kejari Jambi Kembali Ditangkap

Kejari Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Provinsi Jambi Semester II Tahun 2020

Kejari Jambi