Kejari Jambi
Berita Utama Kejaksaan Agung Kejari Jambi Kejati Jambi Zona Integritas

Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Pelaksanaan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020

Senin, 21 Desember 2020 pukul 08.00 Wib, Bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Jambi, Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Pelaksanaan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020 secara virtual melalui Video Conference dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut yaitu Wakil Presiden R.I K.H. MA’RUF AMIN secara virtual, Jaksa Agung  Dr. ST Burhanuddin, Ketua MA yang diwakili Wakil Ketua MA M. Syarifuddin, Menteri Keuangan yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM yang diwakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN Sofyan Djalil, Kapolri yang diwakili Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ainun Na’im, Kepala Badan Pusat Statistik yang diwakili Sekretaris Utama BPS Adi Lumaksono, para Pejabat Pimpinan Pratama, Madia dan Utama di lingkungan Instansi pemerintah serta Seluruh penerima penghargaan Zona Integritas Tahun 2020.

Predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM merupakan sebuah apresiasi kepada Instansi pemerintah yang mampu berusaha lebih untuk membangun unit kerja percontohan yang berintegritas dan melayani dengan prima, Unit percontohan ini lah yang akan menularkan virus-virus perubahan sehingga semakin mendorong kemajuan reformasi birokrasi di Indonesia.

Acara apresiasi dan penganugerahan tersebut dilaksanakan dengan diikuti oleh 752 penerima Zona Integritas WBK/WBBM di seluruh Indonesia, dengan tema yang diangkat yaitu “Making Change, Making History”.

Dalam kesempatan Apresiasi dan penganugerahan Predikat Zona Integritas ini, Kejaksaan Negeri Jambi mendapatkan Penganugerahan dengan Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). “Diharapkan dengan penganugerahan ini, dapat semakin memicu semangat segenap pimpinan dan pegawai pada Kejaksaan Negeri Jambi untuk mempertahankan dan melanjutkan di tahun berikutnya sebagai Wilayah Zona Integritas WBK dan WBBM dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan prima kepada masyarakat” Tutur Kepala Kejaksaan Negeri Jambi RAHMAN DWI SAPUTRA, S.H.

Plt Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Jufri Rahman  dalam laporannya menyampaikan “Apresiasi dan penghargaan bagi unit kerja yang berhasil memperoleh predikat WBK/WBBM ini dilaksanakan setiap tahun oleh kementerian PANRB sebagai rangkaian peringatan hari Anti Korupsi se-Dunia, Hal ini dimaksudkan agar momentum hari anti korupsi sedunia mampu menjadi pemicu dan pemacu bagi seluruh instansi pemerintah untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi secara konkrit, sistematis dan berkelanjutan melalui penerapan program  reformasi birokrasi ayang telah ditetapkan dalam Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025 dan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 serta strategi Nasional pencegahan korupsi dan rencana pembangun jangka menengah serta program Nawacita”.

Reformasi birokrasi adalah sebuah kebutuhan dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata kelola pemerintahan karena tata pemerintahan yang baik adalah prasyarat utama akselerasi pembangunan nasional, dalam rangka percepatan reformasi birokrasi maka salah satu upaya yang dilakukan oleh kementerian PANRB adalah mendorong instansi pemerintah untuk membangun pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi pada unit pelayanan strategis.

Pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM ini merupakan salah satu arahan Presiden R.I dan Wakil Presiden R.I tentang pentingnya menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif, bebas korupsi, terpercaya dan berintegritas dalam menghadapi tantangan industri four point zero.

Selanjutnya arahan yang disampaikan oleh Wakil Presiden R.I K.H. MA’RUF AMIN “Reformasi birokrasi merupakan pilar penentu keberhasilan tercapainya visi Indonesia Maju untuk itu pemerintah berkomitmen untuk memperkuat dan percepatan reformasi birokrasi di seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Dalam konteks ini kita harus memastikan tegak nya integritas birokrasi keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi harus didukung dengan upaya yang serius dalam menciptakan zona integritas menuju WBK/WBBM”.

Related posts

Kejaksaan Negeri Jambi Bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Melaksanakan Penyetoran Hasil Pelelangan ke Kas Negara.

Kejari Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Menerima Sertipikat Hak Pakai dari Kantor Pertanahan Kota Jambi.

Kejari Jambi

IAD Daerah Jambi Mengikuti Webinar Sosialisasi Vaksin Covid-19 Secara Virtual

Kejari Jambi