Kejari Jambi
Berita Utama Kejaksaan Agung Kejari Jambi Kejati Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Kunjungan Kerja Virtual Jaksa Agung Republik Indonesia Dalam Rangka Evaluasi Kinerja Tahun 2021

Senin, 08 Februari 2021 pukul 09.00 Wib bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Jambi, Plt. Kepala Kejaksaan Negeri Jambi FAJAR RUDI MANURUNG, S.H., M.H beserta Kepala Sub Bagian Pembinaan (Kasubbagbin) dan para Kepala Seksi (Kasi) pada Kejaksaan Negeri Jambi  mengikuti Kunjungan Kerja Virtual Jaksa Agung Republik Indonesia dalam rangka Evaluasi Kinerja Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual melalui Video Conference (Vicon) dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kunjungan kerja virtual tersebutdipimpin langsung oleh Jaksa Agung R.I Dr. ST. BURHANUDDIN, S.H., M.H. dan diikuti secara virtual oleh Wakil Jaksa Agung RI. Setia Untung Arimuladi,S.H. M.Hum, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, serta Para Staf Ahli Jaksa Agung RI; Para Pejabat Eselon II, III, dan IV di Lingkungan Kejaksaan Agung; para Kepala Kejaksaan Tinggi beserta Jajaran, Kepala Kejaksaan Negeri beserta Jajaran dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri beserta Jajaran seluruh Indonesia.

Mengawali Kegitan ini, Jaksa Agung R.I mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada segenap warga Adhyaksa di mana pun berada yang senantiasa bekerja penuh semangat untuk terus bergerak dan berkarya mengabdi pada nusa dan bangsa di tengah Pandemi Covid-19 saat ini. “Saya menyampaikan turut prihatin kepada insan Adhyaksa yang saat ini tengah berjuang untuk sembuh dari paparan Covid-19, semoga lekas pulih dan kembali beraktifitas normal. Terlebih untuk warga Adhyaksa yang meninggal, saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya, semoga amal ibadah mereka di terima sebaik-baiknya di sisi Tuhan Yang Maha Esa”.

“Mari kita bersama-sama saling mengingatkan untuk menjaga kesehatan diri dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam bekerja. Kita sehat, Adhyaksa kuat, Indonesia Maju!” tuturnya

Adapun maksud dan tujuan dalam pelaksanaan ini selain diharapkan dapat mengganti kegiatan kunjungan kerja dalam keadaan normal, tentunya juga dalam rangka evaluasi kinerja, penyerapan aspirasi, dan ruang diskusi. Forum ini juga sebagai ajang silahturahmi,” bagaimanapun juga saya sebagai Bapak dan pimpinan tentunya ingin mengetahui setiap kondisi, hambatan, dan tantangan dalam setiap pelaksanaan tugas, khususnya di tengah pandemi saat ini”.

Dalam kegiatan ini Jaksa Agung R.I menyampaikan arahan kepada masing-masing bidang di seluruh Jajaran Kejaksaan  R.I terkait beberapa point penting yaitu :

  1. Bidang Pembinaan

Kejaksaan Digital

    • Perubahan zaman menuntut kita bekerja cepat, tepat dan profesional. Program Kejaksaan Digital adalah sebuah jawaban dan kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi. Tinggalkan kebiasan-kebiasaan yang bersifat konvensional menuju ke arah teknologi dan digitalisasi data.
    • Daskrimti motor penggerak untuk terwujudnya berbagai macam terobosan teknologi yang terintegrasi menuju Kejaksaan Digital.
    • Pusat Pemulihan Aset (PPA)
      Buat terobosan percepatan pendataan dan penyelesaian benda sitaan dan barang rampasan berikut sistem monitoringnya

  1. Bidang Intelijen
    • Memonitoring penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor dan pastikan pegawai yang terpapar telah tertangani dengan baik, Kawal program vaksinasi nasional untuk mencapai kekebalan komunal guna menyelesaikan persoalan pandemi Covid-19, serta program-program Pemerintah lainnya dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan pembangunan strategis nasional
    • Pusat Penerangan Hukum (Penkum)
      Banyak prestasi membanggakan dan berbagai macam berita di daerah yang dapat diangkat menjadi berita nasional, namun hilang karena tidak adanya bahan berita dan informasi yang disampaikan kepada Penkum. Seluruh satuan kerja di daerah agar memberikan dukungan penuh kepada Penkum dalam sajian berita dan informasi, baik diminta maupun tidak diminta. Asisten Intelijen, Kasi Penkum, dan Kasi Intelijen adalah kontributor berita kepada Penkum.
  1. Bidang Tindak Pidana Umum
    • Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif adalah untuk melindungi masyarakat kecil.

“Tidak melakukan penuntutan asal-asalan, tanpa melihat rasa keadilan di masyarakat. Ingat, rasa keadilan tidak ada dalam KUHP dan KUHAP, tetapi ada dalam Hati Nurani saudara.”

  1. Bidang Tindak Pidana Khusus
    • Capain yang telah berhasil ditorehkan oleh Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus tentunya dapat menjadi pelecut semangat bagi para Kajati, Kajari, dan Kacabjari dalam meningkatkan kualitas penanganan perkara korupsi daripada kuantitas perkara. Penanganan perkara korupsi lebih menekankan pada kualitas jenis perkara dan optimalisasi penyelamatan kerugian negara.
  1. Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara
    • Kawal dan dampingi terus Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta kebijakan pemerintah dalam proses pembangunan dan bantuan-bantuan sosial, Datun juga harus mendampingi pemerintah setempat agar kebijakan yang dikeluarkan tidak menyimpangi ketentuan hukum yang ada serta Penguatan kelembagaan melalui kerjasama dengan Universitas di seluruh Indonesia.
  1. Bidang Pengawasan
    • Kejaksaan adalah wajah penegakan hukum Indonesia di mata masyarakat nasional dan internasional, Perilaku saudara akan menjadi tolok ukur wajah negara dalam mewujudkan supremasi hukum di mata dunia dan berikan hukuman yang tepat, proposional dan tidak diskiriminatif.
  1. Badan Pendidikan dan Pelatihan
    • Pada tahun 2020, Kejaksaan menerima CPNS sebanyak 3.835 (tiga ribu delapan ratus tiga puluh lima) orang.
    • Pelaksanaan Diklat Latsar/TAK
      Persiapkan dengan baik dengan menutup kelemahan-kelemahan yang ada dalam diklat virtual. Di era virtual ini, kiranya Badan Diklat dapat Menyusun berbagai macam diklat berbasis IT dan terkait penyuksesan program PEN.

“saya minta kepada para pimpinan satuan kerja untuk melaporkan secara berkala terhadap pelaksanaan dari setiap arahan tersebut. Pelaporan tentunya dilakukan secara berjenjang melalui Jaksa Agung Muda terkait dan hasil rekapitulasi serta olahan data tersebut disampaikan oleh Jaksa Agung Muda kepada saya segera. Saya harap para Jaksa Agung Muda dapat memonitoring pelaksanaannya” tutupnya.



Related posts

Kebersamaan Dalam Menjaga Kebugaran Tubuh Masa Pandemi COVID-19, Kejaksaan Negeri Jambi Melaksanakan Giat Olahraga Pagi bersama Bank Mandiri KCP Jambi Sipin

Kejari Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Mengikuti Rapat Koordinasi Pemantapan Pemilu Serentak Tahun 2020

Kejari Jambi

Kejaksaan Negeri Jambi Melaksanakan Pemaparan Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi Tahun 2020

Kejari Jambi